Pengawasan Pemilu Partisipatif Kab Banggai Laut

KBRN, Banggai Laut : Ciri paling mendasar dari sebuah negara demokrasi adalah keberadaan pemilihan umum (Pemilu). Sekalipun bukan satu-satunya aspek dalam demokrasi, namun Pemilu merupakan satu bagian yang sangat penting, karena Pemilu berperan sebagai mekanisme perubahan politik mengenai pola dan arah kebijakan publik dan/ atau mengenai sirkulasi elit secara periodik dan tertib.

Karena itu Proses pengawasan pemilu penting dan bernilai strategis agar dapat mewujudkan Pesta demokrasi yang bermartabat.

Terkait hal itu, Wakil Bupati Banggai Laut, Ilyas H. Ablit, SH, didamping Sekretaris Daerah Kab. Banggai Laut menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang diadakan oleh Bawaslu Kabupaten Banggai Laut bertempat di Kedai Aufar, Kamis (23/06/2022).

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan oleh Wakil Bupati, dijelaskan bahwa Pemilu bukanlah ajang seremonial politik belaka yang menafikan partisipatif masyarakat. Pengawasan partisipatif yang dilakukan untuk mewujudkan warga negara yang aktif dalam mengikuti perkembangan pembangunan Demokrasi.

"Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan, mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas" ucap Wakil Bupati yang membacakan sambutan Bupati.

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan pastisipatif mempunyai tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar