Sumsel Target Juara Umum di FORNAS VI

Foto : RRI

KBRN, Palembang : Tuan rumah Sumatera Selatan menurunkan 800 atlet untuk bertanding pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang, 1-7 Juli 2022, dengan target meraih gelar juara umum.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan ratusan atlet yang dipersiapkan untuk mewakili daerah diharapkan bukan hanya membawa misi olahraga tapi juga misi pariwisata, seni dan budaya.

"Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan kekayaan Sumatera Selatan, ada kuliner, seni budaya dan destinasi wisatanya," katanya seperti dilansir Antara, Kamis (30/6/2022). 

Selain dituntut sportif dalam bertanding, para atlet Fornas juga diharapkan menjadi duta daerah yang santun sehingga para pendatang ini mau kembali lagi ke Sumsel untuk berwisata.

Ajang Fornas ini menurutnya menjadi berkah tersendiri bagi Sumatera Selatan sebagai salah satu daerah di Tanah Air yang terdampak COVID-19 hampir tiga tahun.

Berkat adanya Fornas ini perekonomian masyarakat kembali bergeliat terutama sektor hotel, restoran, dan destinasi wisata serta UMKM.

Saat ini terdata sebanyak 34 provinsi ambil bagian pada kegiatan ini dengan total 1.200 orang atlet dan ofisial.

“Hotel-hotel kembali penuh, pempek Palembang banyak dipesan. Artinya Fornas ini menjadi upaya pemulihan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Sementara Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Provinsi Sumsel Samantha Tivani mengatakan terdapat 55 induk olahraga rekreasi dan 10 olahraga ekshibisi yang akan dipertandingkan di Fornas VI 2022.

Ke-55 Induk olahraga tersebut, di antaranya Indonesia e-Sport Association (IESPA), Perstuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Selanjutnya, olahraga ekshibisi di antaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar