Palembang Ingin Wujudkan Kota Sehat 2023

KBRN, Palembang : Dinas Kesehatan Kota Palembang menggelar rapat koordinasi percepatan kelurahan Open Defecation Free (ODF) dalam mewujudkan Palembang Kota Sehat 2023, di Ballroom Hotel Beston, Palembang, Kamis, (30/6/2022).

Dari berbagai referensi, Open Defacation Free (ODF) adalah istilah lain dari Stop Buang Air Besar Sembarangan. 

Ini merupakan kondisi atau tindakan di mana individu di dalam masyarakat tidak lagi membuang air besar sembarangan. 

Tujuannya, menghindari penyebaran penyakit berbasis lingkungan yang berasal dari pembuangan tinja secara sembarangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh camat, lurah, dan kepala puskesmas yang mewakili dari 46 kecamatan yang belum mendeklarasikan ODF. 

"Dari pertemuan ini diharapkan seluruh camat, lurah serta puskesmas dapat berkomitmen dan membina bersama untuk mengupayakan masyarakat punya lingkungan yang sehat. Ini tidak hanya tugasnya dinas kesehatan saja tetapi tugas semua,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Fenty Aprina. 

Ia menjelaskan bahwa capaian ODF masyarakat tidak buang air besar sembarangan baru terwujud di 61 kelurahan dari total 107 kelurahan di Palembang. 

"Kita harapkan ada komitmen bersama camat lurah, kepala puskesmas dan sosialisasi kepada masyarakat selaku pembina teknis untuk kesehatan lingkungan ini. Bersama-sama membina, mengupayakan bagaimana masyarakat di wilayah kerjanya itu agar buang air besarnya tidak sembarang,” Fenty menerangkan.

Edi Alpian, salah satu lurah dari Kecamatan Kertapati yang menghadiri kegiatan ini, mengatakan, pihaknya siap menyosialisasikan hasil pertemuan ini ke masyarakat. 

“Kita akan bergerak memberikan penjelasan dan menyampaikan program-program ini di masyarakat sehingga masyarakat itu bisa menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari tata lingkungan, keluarga dan rumah tangga,” kata Edi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar