KPK Ajak Warga Bangun Budaya Anti Korupsi Mulai Lingkup Kecil

KBRN, Palembang : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkomitmen membangun suatu budaya anti korupsi di seluruh daerah tak terkecuali di provinsi sumatera selatan.

Ikut menyapa pendengar RRI melalui dialog lintas Palembang pagi di programa 1, Jumat pagi (20/5/2022), Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Brigjen Pol, Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi, mengajak masyarakat di Sumsel untuk bersama memerangi korupsi.

Kumbul menyampaikan, dalam mengentas korupsi, KPK memiliki 3 strategi, yakni melalui pendidikan, pencegahan dan penegakan hukum.

Dalam menerapkan 3 strategi itu, ia menyebut tak terlepas dari peran masyarakat, yakni bisa dimulai dari individu atau diri sendiri untuk sadar tidak korupsi kemudian lingkup kecil keluarga hingga lingkup masyarakat.

"Peran pertama yang kita harapkan yakni dari mulai individu masyarakat untuk tidak korupsi menjadi contoh dirinya sendiri saja, kemudian keluarga hingga masyarakat,"ungkapnya kepada RRI.

Lanjut Kumbul, dalam tingkat masyarakat pihaknya juga telah membentuk Penyuluh Anti Korupsi (Paksi) di seluruh tanah air dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat agar tidak korupsi.

"Sekitar 2 ribu lebih salah satunya disumsel, tugasnya bekerjasama dengan Pemda dalam mengedukasi masyarakat untuk tidak korupsi, kita juga sudah dorong Pemda setempat nilai nilai anti korupsi diamasukan dalam kurikulum sekolah mulai TK hingga perguruan tinggi," tambahnya.

Sementara itu, Penyuluh anti korupsi Sumsel, Riznandi mengatakan pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk perang melawan korupsi yakni mulai dari pesantren, sekolah hingga komunitas komunitas.

"Kita lakukan dengan bahasa yang lebih santai, kita sampaikan untuk tidak korupsi kita beri pemahaman bahaya korupsi hingga mereka sadar korupsi harus dilawan, tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar