Cegah Hepatitis Akut, Fitrianti Imbau Masyarakat Tingkatkan PHBS

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda

KBRN, Palembang : Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengimbau masyarakat di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu agar meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah hepatitis akut yang mulai terdeteksi di beberapa daerah akhir-akhir ini.

"Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini dan ancaman penyakit hepatitis akut, dengan PHBS dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan bisa mencegah tertular penyakit tersebut," kata  Fitrianti, di Palembang, Rabu (18/5/2022).

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan PHBS, pihaknya berupaya menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat.

Masyarakat yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota setempat harus memperhatikan indikator PHBS dan mewaspadai gejala awal Hepatitis akut seperti diare, mual, muntah, sakit perut, dan demam ringan.

Jika warga merasakan gejala awal tersebut harus segera memeriksakannya ke puskesmas ataupun rumah sakit terdekat agar bisa ditangani dengan cepat dan penyakitnya tidak semakin parah.

"Melalui upaya tersebut dapat mendukung Gerakan Indonesia Sehat serta bagian dari strategi untuk mengurangi beban negara dan warga Palembang dalam pembiayaan kesehatan," ujarnya.

Menurut dia, Pemkot Palembang sekarang ini telah meningkatkan kesiapsiagaan tenaga medis dan fasilitas pelayanan kesehatan.

"Kesiapsiagaan fasilitas pelayanan kesehatan itu diterapkan sebagaimana instruksi dari Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran yang diterima beberapa waktu lalu," kata Wawako Fitrianti Agustinda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar