Temuan Nisan Kuno, Pemkot Palembang Tunggu Keterangan Zuriat

Foto : ist

KBRN, Palembang : Kembali ditemukannya dua batu nisan kuno di kawasan Tanjung Barangan yang sebelumnya penumuan empat batu nisan kuno dikawasan 16 Ilir Palembang menghebohkan warga, menyita perhatian Walikota Palembang, Harnojoyo.

Harnojoyo bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa meninjau langsung enam nisan batu kuno yang sementara ini diamankan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang yang satu atap dengan kantor Dinas Kebudayaan Palembang, Kamis (27/1/2022) .

“Kita tunggu zuriatnya (keturunan) nya untuk mengetahui sejarah yang sebenarnya,” kata Harnojoyo dalam siaran pers yang diterima RRI, Jumat (28/1/2022).

Kata Harnojoyo, Palembang memang memiliki history akan kerajaan dan Kesultanan Palembang Darussalam yang kental akan adat Melayu.

“Hari ini bersama Pak Sekda kami melihat langsung penemuan batu nisan kuno yang ditemukan warga,” katanya.

“Karena ini sudah disebut namanya, kemudian tahunnya, dari akhir abad 18 dan awal abad 19,” tambahnya.

Harnojoyo juga berharap, selain dikumpulkan menjadi satu, keenam nisan kuno yang merupakan potensi sejarah yang ditemukan tersebut diharapkan dapat dielamatkan.

“Mudah-mudahan para zuriat yang tertera di batu nisan kuno ini bisa cepat datang dan dapat kita jadikan satu,” tungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar