4 Cara Alami Atasi Sakit Kepala

foto: Ist

KBRN, Palembang : Sakit kepala umumnya tidak berbahaya. Sakit kepala yang muncul tiba-tiba dan tidak berulang umumnya tidak memerlukan penanganan dari dokter, kecuali jika terasa sangat sakit. Begitu juga halnya jika sakit kepala disebabkan oleh stres, kelelahan, terlambat makan, perubahan hormon terkait siklus menstruasi, atau dehidrasi.

Namun, sakit kepala juga bisa menjadi tanda penyakit yang cukup serius, seperti stroke, meningitis, atau cedera otak. Sakit kepala karena kondisi tersebut biasanya terjadi berulang kali dan berlangsung selama berhari-hari hingga beberapa bulan, serta membutuhkan penanganan khusus dari dokter.

Anda bisa meredakan sakit kepala ringan dengan berbagai cara alami. Dikutip dari alodokter.com  berikut adalah cara mengatasi sakit kepala yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Kompres dingin atau hangat

Kompres dingin atau hangat dipercaya bisa menjadi cara meredakan sakit kepala ringan. Anda dapat meletakkan kompres dingin atau hangat pada area dahi, leher, atau bagian belakang kepala Anda.

2. Konsumsi teh atau kopi

Mengonsumsi teh atau kopi juga diketahui bisa menjadi cara mengatasi sakit kepala. Kandungan kafein di dalam teh atau kopi dipercaya dapat meredakan peradangan sehingga mampu meredakan sakit kepala.

Meski demikian, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kafein lebih dari 400 mg (setara dengan dua cangkir kopi) setiap harinya.

3. Konsumsi jahe

Mengonsumsi ekstrak jahe diketahui dapat meningkatkan produksi hormon serotonin. Peningkatan serotonin dalam tubuh dapat mengatasi sakit kepala atau migrain dengan cara mengurangi peradangan dan mempersempit pembuluh darah,

Selain itu, jahe juga diketahui memiliki sifat antiradang yang dipercaya dapat mengatasi sakit kepala.

4. Pijat bagian tubuh tertentu

Saat Anda mengalami sakit kepala, Anda bisa memijat area dahi, kepala belakang, atau bahu selama beberapa menit. Memikat daerah tersebut dipercaya bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar