Mengolah Daging Kambing Selain Sate dan Gulai

foto: Ist

KBRN, Palembang : Sate dan Gulai menjadi makanan andalan untuk mengolah daging kambing saat Iduladha. Mungkin ada yang jenuh dengan kedua pilihan tersebut, maka anda bisa melihat daftar di bawah ini.

Dikutip dari ayojakarta.com, ada beberapa masakan Nusantara berbahan dasar Daging Kambing untuk dicoba.

1. Sop Kambing Betawi

Sop Kambing cocok untuk dijadikan santapan makan siang. Makanan yang satu ini terlihat sederhana. Namun akan terasa istimewa jika disantap bersama keluarga di hari Iduladha. Cara membuat dan bahan-bahannya pun terbilang mudah.

Jangan lupa sediakan emping garing dan Sambal Cabai Rawit sebagai pelengkap saat menyantap Sop Kambing ini.

2. Tengkleng Kambing Solo

Masakan yang satu ini dibuat dengan memanfaatkan tulang dan jeroan kambing. Kuahnya kaya akan rempah-rempah seperti Cengkeh, Kayu Manis, Lengkuas, Jinten, dan Jahe. Sekilas kuahnya terlihat seperti Gula, namun lebih encer daripada Gulai.

3. Kari Kambing Aceh

Makanan ini lebih populer disebut dengan nama kuah Sie Kameng. Biasanya disajikan dalam acara perayaan seperti khitan, pernikahan, akikah, dan hari-hari besar Islam. Beberapa bahan khas yang digunakan dalam pembuatannya adalah daun temurui, pekak, adas, kapulaga, kaska, dan daun kari.

4. Tongseng Kambing Jawa Tengah

Tongseng Kambing juga terlihat seperti gulai, hanya saja kuahnya cenderung lebih kental. Bumbunya pun kurang lebih mirip dengan gulai. Selain itu, masakan ini tidak hanya berisi daging kambing melainkan juga dengan tambahan Kol dan Tomat Merah. Biasanya, bagian Daging Kambing yang digunakan adalah yang masih menempel pada tulangnya.

5. Krengsengan Surabaya

Makanan khas Jawa Timur ini memiliki penampilan yang mirip dengan semur, hanya saja berbahan dasar Daging Kambing. Daging  yang digunakan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Kemudian diberi bumbu yang terdiri dari Bawang Merah, Bawang Putih, Ketumbar, Merica, dan Pala. Tak lupa tambahan kecap yang membuat warna masakan cokelat dan rasanya manis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar