Kenali Gangguan pada Mata

Foto :ist

KBRN, Palembang : Mata merah dan mata kering merupakan kondisi yang umum terjadi dan kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasi mata merah dan gejala mata kering, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, baik dengan cara alami maupun menggunakan obat tetes mata.

Dikutip dari alodokter.com, mata merah terjadi ketika pembuluh darah di permukaan sklera, yaitu selaput putih mata, mengalami pelebaran. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, mulai dari iritasi ringan akibat masuknya benda asing ke dalam mata, alergi, penggunaan lensa kontak, mata kering, infeksi, hingga cedera pada mata.

Sementara itu, mata kering terjadi ketika mata tidak mendapatkan cukup pelumas. Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai hal, mulai dari proses penuaan, melihat layar TV, komputer atau gadget terlalu lama, berada di ruangan ber-AC terlalu lama, efek samping obat-obatan, hingga penyakit tertentu.

Mata merah dan gejala mata kering umumnya tidak berbahaya. Meskipun demikian, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter mata jika mata merah dan mata kering disertai dengan keluhan mata nyeri berkepanjangan, pandangan kabur secara tiba-tiba, atau mata menjadi sensitif terhadap cahaya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar