Penumpang Kereta Api Wajib Vaksin Booster

KBRN, Empat Lawang : Pihak PT Kerata Api wilayah Divre III Palembang berdasar Surat Edaran Kemenhub No 80 Tahun 2022 mengeluarkan kebijakan baru.

Kebijakan baru tersebut yaitu mulai 15 Agustus penumpang Kereta Api jarak jauh di wilayah Divre III Palembang usia 18 tahun ke atas wajib vaksin booster atau negatif tes RT-PCR.

“Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengeluarkan aturan baru terkait perjalanan transportasi kereta api (KA) jarak jauh. Kebijakan ini diharapkan dapat menekan kembali penyebaran Covid-19 di masyarakat,”jelas Kabag Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti, Senin (15/8/2022).

Pada masa transisi sosialisasi aturan baru ini, khusus pelanggan dengan tiket keberangkatan 15 sampai 17 Agustus 2022 yang tidak dapat menunjukkan persyaratan screening Covid-19 dapat membatalkan tiketnya dengan pengembalian 100 persen.

“Pembatalan dapat dilakukan paling lambat H+7 tanggal keberangkatan KA di loket stasiun atau Contact Center KAI,” jelasnya.

Aida menambahkan pelanggan yang tidak memenuhi sesuai syarat, tidak perkenankan untuk naik KA dan dipersilakan untuk melakukan pembatalan tiket.

Calon pelanggan diharapkan dapat mulai melakukan vaksinasi hingga vaksin ketiga untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Selain itu, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan.

“Ini berguna bisa memperlancar proses pemeriksaan untuk mendukung program pemerintah,” terangnya.

Adapun persyaratan lengkap perjalanan menggunakan KA di wilayah Divre III Palembang mulai 15 Agustus yakni, usia 18 tahun ke atas vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.

Vaksin kedua dan pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam.

Selanjutnya, usia 6-17 tahun, Vaksin kedua tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.

Vaksin pertama, wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam.

Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar