Pemprov Ajak BI Dukung Program Sumsel Mandiri Pangan

KBRN, Palembang : Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajak Bank Indonesia untuk mendukung program Sumsel Mandiri Pangan yang baru saja digulirkan. Langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengurangi pola konsumsi pangan.

"Kita sekarang lagi fokus dengan Sumsel Mandiri Pangan. Dimana esensi utamanya adalah mengubah mindset warga. Dari konsumen menjadi produsen. Karena kita selalu diganggu inflasi cabai, bawang merah dan kebutuhan lain. Padahal kebutuhan itu sebenarnya gampang sekali kita tanam sendiri. Tapi karena mindset selalu beli jadi terpengaruh membeli," ujar Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru saat menerima kehadiran Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Hari Widodo dalam rangka Pamit Pindah Tugas ke Departemen Pengelolaan uang BI, di ruang kerjanya, Jumat (28/1/2022) pagi.

Lanjut Herman Deru, berdasarkan hasil survei bahwa barang kebutuhan tersebut menjadi vafiabel utama kemahalan biaya hidup.

"Padahal barang-barang itu sebenarnya bisa kita hadirkan sendiri," cetusnya.

Herman Deru juga mengajak masyarakat untuk produktif menghasilkan pangan di pekarangan rumah. Menanam tumbuhan konsumsi adalah salah satu langkah dalam program Sumsel Mandiri Pangan.

"Hal itu mengingat, masyarakat mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga melalui pengembangan ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumber daya di lingkungan pekarangan rumah secara berkelanjutan," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Hari Widodo sekaligus memperkenalkan Kepala BI Provinsi Sumsel yang baru yaitu R. Erwin Soeriadimadja.

Dalam sambutan singkatnya Hari Widodo mengungkapkan terima kasihnya atas kerjasama yang telah dilakukan Pemprov selama ini. Menurut Hari dukungan yang diberikan Gubernur Sumsel H. Herman Deru pada berbagai kegiatan BI sangat luar biasa.

"Kolaborasi dengan Pemprov Sumsel luar biasa. Berkat dukungan Pak Gubernur program-program BI berjalan dengan sangat baik. Apalagi dalam setiap kesempatan Pak Gubernur selalu membersama kami," jelasnya.

Demikian halnya di luar kedinasan, Hari mengaku merasakan betul suasana kekeluargaan yang selalu dihadirkan Gubernur Herman Deru. Demikian juga mengenai leadership Gubernur Herman Deru yang menurutnya patut menjadi panutan.

"Lebih dari kedinasan hubungan kekeluargaan yang bapak berikan pada kami, wejangan  dan juga ilmu leadership banyak sekali kami dapat dan menjadi pembelajaran selama di Sumsel. Kami berterimakasih sekali untuk itu," ujar Hari lugas.

Menurut Hari, komitmen Gubernur Herman Deru yang selalu membersamai berbagai kegiatan BI, dan caranya membangun kedekatan dengan semua Forkopimda sangat kental terasa. Sehingga banyak membantu program Bank Indonesia Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengungkapkan sangat berkesan dengan kerjasama yang telah terjalin antara Pemprov Sumsel dan Bank Indonesia Prov Sumsel selama beberapa tahun terakhir.

Menurutnya Kepala Perwakilan BI Sumsel Hari Widodo bukan hanya menjiwai tapi Ia juga sangat baik dalam membina hubungan dengan para binaan UMKM dan komunitas. Bahkan Ia juga selalu hadir dalam kegiatan baik dalam maupun luar kota.

Karena itu Herman Deru juga berharap pengganti Hari Widodo yakni R. Erwin Soeriadimadja dapat meneruskan inovasi-inovasi yang sudah dijalankan pemimpin sebelumnya.

Dengan jam terbang yang panjang sebagai Kepala BI Banten, diyakininya Kepala BI baru dapat meneruskan kinerja yang lebih baik.

"Mudah-mudahan Kepala BI nanti baru bisa betah. Manajemen pemerintahan kita sangat familier tanpa kasta namun yang penting goal dan tujuan sama. Sehingga ekonomi menjadi lebih baik dan mengalami pertumbuhan, begitu pula daya beli baik dan ketersediaan kebutuhan baik," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar