Keluarga Thalassemia Temui dr.Sheila, Ada Apa?

Audiensi Perkumpulan Keluarga Thalassemia bersama Ketua TP PKK dan Direktur RSUD OKU Timur.

KBRN, OKU Timur : Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes didampingi Direktur RSUD OKU Timur dr. H. Sugihartono menerima audiensi dari Perkumpulan Keluarga Thalassemia di Ruang Audiensi Puri Sebiduk Sehaluan, Selasa (16/8/2022).

Dalam audiensi kali ini Ketua TP. PKK yang juga Plt. Ketua PMI Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, mendengarkna keluh kesah yang disampaikan oleh Perkumpulan Keluarga Thalassemia.

Sheila menyampaikan, bahwa yang menjadi keluhan oleh keluarga thalassemia sangatlah kompleks, diantaranya persediaan darah, kesulitan untuk mendapatkan zat kelasi besi yang mungkin terbatas dari BPJS dan permasalahan lainnya.

"Untuk mengatasi apa yang dikeluhkan oleh keluarga penderita thalassemia, kami akan berupaya untuk memperbaiki dan merubah sesuai dengan kewenangan masing-masing OPD, jika berhubungan dengan peraturan BPJS, kami akan berkordinasi dengan BPJS" imbuhnya.

Sheila juga menyadari bahwa beberapa pasien dirujuk ke Palembang dan tentu membutuhkan anggaran yang lebih, "Untuk yang di rujuk ke RSMH tentu memerlukan tempat singgah untuk mengurangi pengeluaran dalam hal transportasi dan lainnya, untuk itu saya akan mendorong pak bupati untuk segera membangun rumah singgah tersebut" lanjutnya.

Selain rumah singgah, Sheila yang selaku sebagai Plt. PMI Kabupaten OKU Timur juga mengatakan produk darah merupakan emergency case, untuk itu dia mengimbau dan mengajak kepada keluarga untuk turut mencari persediaan darah.

"Saya akan mendorong agar OPD dan instansi yang ada di Kabupaten OKU Timur untuk melaksanakan donor darah massal,   Keluarga Thalassemia bisa membantu mencari persediaan darah dimulai dari keluarga dan orang sekitar" kata Sheila.

Sementara itu Direktur RSUD Kabupaten OKU Timur dr. H. Sugihartono menyampaikan bahwa RSUD yang dipimpinnya tidak membatasi jumlah darah jika memang diperlukan pasien.

Untuk diketahui, Thalassemia merupakan penyakit keturunan, kelainan darah karena kurangnya hemoglobin (Hb) yang normal pada sel darah merah. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah. Thalassemia sendiri memiliki tiga jenis yakni thalassemia minor, thalassemia intermedia, dan thalassemia mayor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar