Dankodiklat AD Tutup Latma Super Garuda Shield 2022

Dan Kodiklat AD Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono bersama Jenderal US Army Jemmy Jarrard tutup Latma Super garuda Shiel 2022 di lapangan Puslatpur Martapura, OKU Timur.
Dan Kodiklat AD Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono bersama Jenderal US Army Jemmy Jarrard tutup Latma Super garuda Shiel 2022 di lapangan Puslatpur Martapura, OKU Timur.
Dan Kodiklat AD Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono bersama Jenderal US Army Jemmy Jarrard tutup Latma Super garuda Shiel 2022 di lapangan Puslatpur Martapura, OKU Timur.

KBRN, OKU Timur : Latihan bersama (Latma) Super Garuda Shield ke-16 tahun 2022 yang diikuti 13 Negara resmi ditutup, Minggu (14/8/2022)

Penutupan dilakukan dalam sebuah upacara oleh Komandan Kodiklat AD Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono bersama Jenderal US Army Jemmy Jarrard di lapangan Puslatpur Martapura, OKU Timur, Sumatera Selatan.

"Hari ini, Minggu (14/8/2022) secara resmi Latma Super Garuda Shield tahun 2022 ditutup,” kata Dankodiklat AD Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono saat dibincangi awak media.

Jenderal bintang tiga ini mengatakan, latma Super Garuda Shield yang digelar selama 14 hari ini berlangsung sukses, aman dan lancar. Bahkan pada latihan puncak yang digelar pada jum’at (12/8/2022) kemarin ditinjau dan disaksikan secara langsung oleh Panglima TNI Jendral Andika Perkasa bersama pimpinan dari US Army beserta para pimpinan TNI.

“Bapak Panglima TNI dan Petinggi US Army merasa puas dengan kesuksesan latihan ini dan kedepan berharap kita bisa mengadakan latihan yang lebih besar lagi dengan melibatkan banyak negara. Memang tujuan latihan bersama ini adalah menjalin kerjasama persahabatan antar negara,” ujarnya.

Dikatakan Dankodiklat AD, latma Super Garuda Shield ini akan menjadi agenda tahunan, kegiatan ini telah dilaksanakan selama 16 kali.

“Artinya Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 16 tahun yang lalu, namun selama ini kita melaksanakan antara TNI dan US Army dan ini baru yang pertama kita melibatkan banyak negara makanya namanya jadi Super Garuda Shield,” tandasnya.

Latma Super Garuda Shield ini bukan hanya sekedar untuk meningkatkan kemampuan Angkatan bersenjata tapi juga dapat meningkatkan kemitraan strategis multilateral melalui komitmen persahabatan dan rasa saling percaya sebagai partner strategis yang berperan penting bagi harmoni pertahanan dan keamanan

Dikatakan, sudah banyak persiapan yang dilakukan untuk mendukung kelancaran latihan ini termasuk dari materi pelajaran dan program latihan lapangan yang mencakup latihan amfibi keamanan Martim operasi militer dan di Medan perkotaan pertahanan udara operasi udara dan perebutan lapangan udara.

Melalui kegiatan Super Garuda Shield juga dapat meningkatkan kerjasama dalam kemitraan strategis dalam memperkuat introperan titas serta diplomasi militer dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan

Sementara itu, Brigadier General Joseph A. Ryan atas nama US Army berterimakasih kepada TNI AD sebagai tuan rumah Latma dan secara khusus kepada Dankodiklatad sebagai Komandan Latihan.

"Kami benar-benar tidak bisa lebih bangga dan menghargai latihan dan sangat berterimakasih kita semua untuk bersama-sama mewujudkannya perdamaian dunia, sisi lain angkatan bersenjata Indonesia dan US ARMY indo Pasifik 13 Negara lainnya, Jelasnya.

Selanjutnya dikatakan, hari ini menjadi catatan dalam sejarah hubungan kedua Angkatan Darat untuk dapat mengembangkan Garuda Shield tahun depan dengan materi latihan yang lain ataupun dengan skala yang lebih besar.

''Tetapi apapun rencana ke depannya mari kita wujudkan bersama dengan memegang prinsip bersama kita bisa (Together We Can)”, ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar