Moderasi Beragama Wujudkan Kepekaan Sosial Keagamaan

Foto : Humas Kemenag Palembang

KBRN, Palembang : Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Palembang Drs. H. Abubakar, M.Si menghadiri kegiatan rapat  koordinasi forum kerukunan umat beragama Kota Palembang di Kantor Kesbangpol Kota Palembang Kamis. (30/6/2022). 

Rapat koordinasi FKUB dan stakeholder ini membahas mengenai bagaimana meningkatkan peran FKUB Kota Palembang dalam menciptakan kepekaan sosial serta merumuskan konsep dalam menghadapi modernisasi dan toleransi beragama.

'Masyarakat perlu tahu bahwa moderasi beragama adalah cara kita, umat beragama, menjaga Indonesia. karena Indonesia adalah negara yang masyarakatnya sangat religius dan sekaligus majemuk. Meskipun bukan negara berdasar agama tertentu, masyarakat kita sangat lekat dengan kehidupan beragama. Keragaman, di bidang apapun, memang pasti menimbulkan adanya perbedaan, apalagi yang terkait dengan agama.” kata Kasubbag TU Abubakar.

Menurut Abubakar, harus diakui adanya, itu, itulah mengapa moderasi beragama penting hadir di Indonesia.

"Ia bisa menjadi solusi untuk menciptakan kerukunan, harmoni sosial, sekaligus menjaga kebebasan dalam menjalankan kehidupan beragama, menghargai keragaman tafsir dan perbedaan pandangan, serta tidak terjebak pada ekstremisme, intoleransi, dan kekerasan atas nama agama. “ujarnya.

Kementerian Agama sudah menawarkan sebuah solusi beragama jalan tengah, yang disebut “moderasi beragama” yang diterjemahkan kedalam program prioritas  menteri Agama. Moderasi beragama harus digalakkan dan disosialisasikan ke masyarakat, agar tidak terjadi konflik antar umat beragama.

Rakor dihadiri Kepala Bagian Kesbangpol Pemerintah Kota Palembang, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kota Palembang dan seluruh pengurus FKUB Kota Palembang serta perwakilan tokoh masyarakat Kota Palembang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar