Cegah PMK, Puluhan Ribu Sapi Bakal Disuntik Vaksin

KBRN, OKI : Untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, 33.000 ekor sapi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bakal disuntik vaksin.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten OKI,Imlan Kairum melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Sadi Purwanto, 33.000 ekor sapi yang akan di suntik vaksin itu tersebar di sejumlah Kecamatan. Populasi teranyak terdapat di Kecamatan Mesuji, Lempuing dan Jejawi.

Meski begitu, kata Saidi, saat ini pihaknya masih menunggu vaksin tersebut dari Provinsi Sumsel.

"Jika vaksin sudah tiba, maka segera di suntikan ke hewan ternak, terutama daerah yang tidak terindikasi PMK atau kepada sapi yang sehat dahulu," jelas Saidi, Minggu (22/5/2022).

Vaksinasi hewan ternak nanti, dilakukan 25 orang petugas paramedik dari Disbunak yang tersebar di lima Puskeswan di OKI.

Sapi yang mendapatkan vaksin terutama yang berada di perlintasan dan seluruh hewan yang ada di pasar hewan Tugu Jaya Lempuing.

Sejauh ini untuk Kabupaten OKI masih satu ekor sapi yang dilaporkan terjangkit PMK. Sementara saat ini perkembangannya terus membaik, sapi yang terjangkit PMK sudah dilakukan isolasi selama 14 hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar