Waisak, Walubi Lubuk Linggau Ziarah ke TMP Bukit Sulap

Ketua Walubi Lubuk Linggau, Wandy

KBRN, Lubuk Linggau: Waisak 2566 BE, Umat Buddha di Kota Lubuk Linggau melalui Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Lubuk Linggau tidak hanya sembahyang di vihara, namun juga di hari Tri Suci ini melaksanakan kerja bakti dan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Patria Bukit Sulap

Ketua Walubi Kota Lubuklinggau, Wandy M S Pd mengatakan perayaan Waisak kali ini mengangkat tema Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati.

“Marilah kita mengaktualisasikan ajaran luhur Sang Buddha dalam kehidupan sehari-hari, menuju pencerahan sempurna tiada batasnya,” ajaknya.

Wandy berharap agar seluruh umat Buddha Lubuklinggau khususnya dan masyarakat kota Lubuklinggau umumnya dapat hidup damai rukun harmonis sejahtera.

Dalam kesempatan itu juga diberikan bantuan sosial kepada pengurus TMP Patria Bukit Sulap.

Sementara itu, Senin (16/5/2022) di Vihara Budha Indoensia Lubuk Linggau Kelurhan Taba Jemekeh,  Kecamatan Lubuklinggau Timur II, dilaksanakan sembayang.

Ketua Majelis Bhudayana Indonesia Lubuklinggau, Candra Cahaya mengatakan tema yang ditekan dalam Waisak ini adalah dalam cinta kasih semua bersaudara.

“Tema ini menyikapi terkait beberapa waktu ini tingkat intoleransi tinggi di Indonesia,” kata Candra.

Candra mengatakan tahun ini umat Budha ditekan untuk menggaungkan tema cinta kasih, tetap dalam persaudaraan. Kemudian dalam perayaan, umat Budha tetap dalam kesederhanaan, karena mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19.

Perayaan ini dimulai dengan umat berkumpul, dan melakukan Radaksina, yakni pemujaan mengelilingi objek suci Vihara searah jarum jam.

Kemudian dilanjutkan puja puji dan baca doa. Puncaknya dilakukan meditasi di detik-detik waisak.

“Terakhir kami bacakan pesan pesan waisak. Dan ada juga pembagian air suci,” katanya.

Dia berharap momentum Waisak menjadi berkah yang menghadirkan kebahagiaan kesejahteraan, kedamaian, dan keharmonisan bagi semua baik bagi bangsa Indonesia maupun dunia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar