Umrah Diizinkan, Pemohon Paspor Baru di Palembang Meningkat

KBRN, Palembang : terhitung sejak awal Januari 2022 permohonan pembuatan paspor baru di kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Palembang mengalami peningkatan signifikan.

Peningkatan ini terjadi setelah dibukanya kembali kegiatan umrah di awal tahun ini.

Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, Adep Yoenoes mengatakan, pada periode sebelum dibukanya kembali ibadah umrah, jumlah permintaan pembuatan paspor dalam sehari hanya puluhan orang, namun saat ini mencapai 40 orang, sesuai batas maksimum pelayanan dalam sehari di Kantor Imigrasi Palembang.

"Sekitar 50 persen naik dari biasanya 20 orang perhari, sekarang kuota 40 orang full setiap hari," jelasnya, Jumat (28/1/2022).

Adep mengimbau masyarakat yang ingin melakukan pembuatan paspor bisa memanfaatkan layanan M-paspor yang dapat diunduh di Play Store ataupun Appstore.

Baca juga: Bikin Paspor di Palembang Tak Perlu Ribet Lagi, Cukup Isi Data Melalui Aplikasi M-Paspor

Dengan layanan ini, katanya, pengisian berkas-berkas untuk pembuatan paspor bisa dilakukan langsung dari gawai pemohon.

Sehinga selain mempersingkat proses permohonan juga bisa meminimalisir kesalahan saat pengisian data.

"Setelah melengkapi berkas-berkas itu, masyarakat ke kantor Imigrasi hanya untuk foto. Jadi ini untuk mempersingkat proses pembuatannya, dan nanti setelah itu paspor bisa diambil sekitar tiga hari setelahnya," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar