FOKUS: #CORONA

Rute Internasional Bandara SMB II Masih Tutup Cegah Omicron, WNA Masuk Lewat Pelabuhan

KBRN, Palembang : Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Provinsi Sumatera Selatan melalui bandara tercatat nihil, karena memang hingga kini rute penerbangan internasional belum dibuka semenjak pandemi Covid-19, apalagi mengingat saat ini ada ancaman virus Omicron.

Namun meski demikian, ternyata WNA masih bisa masuk melalui pelabuhan. Pihak keimigrasian mencatat sebanyak 926 orang WNA yang masuk ke Sumsel per Desember 2021.

Kasi Lalu Lintas Keimigrasian Adep Yoenoes mengungkapkan para WNA yang bisa masuk ke Sums3l itu merupakan anak buah kapal (ABK) atau kru kapal yang membawa barang atau kargo.

"Untuk ABK WNA pada Desember 2021 tercatat sebanyak 926 orang. Ini semua melalui pelabuhan. Kalau untuk penerbangan atau kedatangan internasional di bandara memang sampai sekarang belum dibuka," katanya.

Menurut Adep, jumlah tersebut meningkat dibandingkan November yang terdata sebanyak 571 ABK WNA. Mereka diketahui datang melalui Pelabuhan Boom Baru, Pelabuhan Tanjung Api-Api, dan Pelabuhan Sungsang.

"Warga negaranya kebanyakan dari Tiongkok, Filipina, Vietnam, dan Thailand. Saat mereka datang kita selalu memeriksa bersama dengan tim dari Karantina dan Bea Cukai," ungkapnya.

Ia menyebutkan sejauh ini lalu lintas WNA di Palembang dalam kategori aman, karena mereka sudah dikarantina.

Pemeriksaannya pun dilakukan di kapal dan ditangani sesuai prosedur.

"Jumlahnya juga relatif sesuai kebutuhan, karena ini sifatnya angkutan barang," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar