FOKUS: #VAKSIN COVID

Setelah Vaksinasi Anak, OKU Timur Segera Gelar Vaksin Booster

KBRN, Palembang : Sebelum akhir jJanuari 2022 ini, realisasi pencapaian vaksinasi anak tahap 1 di OKU Timur 82.6 persen. Sedangkan vaksinasi anak tahap 2 telah mencapai 44, 5 Persen dan ditargetkan pada akhir bulan tercapai 70 Persen. 

Hal ini terungkap, saat rapat analisa evaluasi percepatan vaksinasi Covid-19 di bersama wakil Bupati OKU Timur dan Kadinkes, Kadisdukcapil dan pihak terkait yang berlangsung di ruang rapat Sekda, Rabu pagi, (26/1/ 2022).

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zaenal Abidin menjelaskan, berdasarkan data KPC-PEN, pencapaian 82,6 persen vaksinasi anak tersebut menempatkan OKU Timur berada di peringkat ke-2 tingkat provinsi.

'' Capaian ini harus kita kejar demi untuk melaksanakan vaksin ke-3 atau booster, maka vaksin dosis ke-2 vaksinasi anak harus mencapai minimal 70 Persen, " ujar Zaenal.

Zaenal mengungkapkan, ada permasalahan yang dialami di lapangan diantaranya masih adanya anak-anak yang belum memiliki NIK dan orang tua yang belum mengizinkan anaknya untuk di vaksinasi.

''Kendala NIK ataupun lainnya dapat diketemukan solusinya. Agar capaian ini dapat di lakukan sesuai Target,'' Pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Mursal menyarankan para orang tua untuk menyerahkan data-data ke Disdukcapil agar memperoleh NIK sehingga anaknya bisa divaksinasi.

Sementara itu Wakil Bupati HM Adi Nugraha Purna Yuda meminta para petugas lebih semangat dalam memutuskan mata rantai covid-19. 

''Penanganan covid-19 harus diseriusi, apa yang terjadi dilapangan harus segera dikomunikasikan antara OPD terkait , Kita dikejar target, masih ada sisa 5 hari di bulan ini, saya harap data-data yang delayed yang belum terupload pcare harus segera diselesaikan, agar harus gerak cepat dan kerja bersama," tegas Wabup.

Diharapkan, Vaksinasi anak difokuskan pada pekan ini dengan harapan bisa mencapai 100%, dan fokus pada vaksinasi dosis ke-2. Hal ini agar vaksinasi booster atau vaksin ketiga bisa segera dilaksanakan.

''Kita haruslah saling membantu dan mensukseskan percepatan vaksinasi di Bumi Sebiduk'', Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar