FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Pemkab OKI dan UNEP Jajaki Kerjasama Jejaring Komunikasi Deteksi Dini Karhutlah

KBRN, OKU : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bersama United Nations for Environment Program (UNEP) melalui Kemitraan Partnership menjajaki kerjasama jejaring komunikasi siaga dini dan kesadaran dini pencegahan kebakaran hutan, kebun dan lahan, Kamis (25/11/2021)

Tim Ahli Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kishugu, Afrika Selatan dari Kemitraan Partnership, Gerhard di Kayuagung mengatakan, pemanfaatan platform digital dan konten kreatif bisa menjadi sarana edukasi yang efektif dalam memberikan pemahanan keoada masyarajat pentingnya mencegah kebakaran hutan dan lahan sejak dini.

"Ini menjadi sarana edukasi yang efektif  untuk memberikan pemahaman masyarakat di Ogan Komering Ilir akan pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan sejak dini serta informasi prediksi prakiraan cuaca bisa tersampaikan ke masyarakat", ungkap Gerhard, Kamis, (25/112021).

Menurut Gerhard, masyarakat harus diberikan informasi dengan masif dan berkala. Dengan begitu, masyarakat dengan sendirinya akan menyadari akan resiko Kebakaran Hutan dan Lahan, tentu Mencegah lebih baik dari pada mengatasi.

"Kebakaran hutan dan lahan sering kali terjadi karena ulah manusia. Hal ini yang perlu terus kita edukasi melalui berbagai kanal informasi. Semakin banyak informasi terdiseminasi, upaya pencegahan akan semakin efektif", iucapnya.

Gerhard menilai, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ilir mitra potensial untuk menjangkau lebih banyak orang untuk menumbuhkan kesadaran dini pencegahan Karhutlah sejak dini.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKI melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Adiyanto mengatakan membangun kepercayaan publik adalah kunci dalam Diseminasi Informasi secara komprehensif. Namun hal ini tidak mudah, tetapi kita memiliki formula yang tepat guna untuk ini.

"Masyrakat harus diberikan informasi yang akurat, tampilan informasi yang menarik dan substansial serta disampaikan secara rutin, ini kunci utama sehingga informasi yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik", ungkap Adi.

Adiyanto menyambut baik kerjasama yang ditawarkan pihak Kemitraan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di OKI akan pentingnya kesadaran dini pencegahan kebakaran Hutan dan Lahan.."Kami akan support inisiasi baik ini, kolaborasi untuk mewujudkan wilayah OKI yang terkendali dari Kebakaran Hutan dan Lahan", katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar