Ratusan WBP Lapas OKUT Terima Remisi HUT RI

Kalapas kelas II B Martapura OKU Timur Edi Syaputra

KBRN, OKU Timur : Momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus ini merupakan momentum yang di tunggu-tunggu oleh Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II B Martapura OKU Timur untuk mendapat remisi atau pengurangan hukuman.

Lapas ini memiliki warga binaan sebanyak 484 orang yang terdiri  kasus narkoba sebanyak 270 orang dan pidana umum sebanyak  208 orang. Sementara kasus Tipikor ada 5 orang ditambah anak anak sebanyak 3 orang dengan jumlah yang disebutkan. 

Kalapas kelas II B Martapura OKU Timur Edi Syaputra menyampaikan, warga binaan yang mendapatkan remisi HUT ke-77 RI tahun ini diantaranya remisi umum RK 1 sebanyak 301 orang  dan Remisi Khusus RK 2 sebanyak 3 orang dengan total berjumlah 304, termasuk WPB yang bebas murni ada 2 orang. 

Ia mengakui Jumlah RK HUT RI tahun ini cukup banyak dari tahun sebelumnya. Untuk pengumuman bagi WBP yang lolos remisi akan sampaikan pada tanggal 17 Agustus. 

"Kasus WBP yang mendapatkan remisi beragam.  dari kasus narkoba dan sisanya pencurian. Untuk kasus yang sudah inkracht hampir semua WBP diusulkan untuk mendapatkan remisi, terutama yang memenuhi persyaratan administrasi dan subtantif." jelasnya.

Selama proses, jelas Edi, usulan remisi yang disamoaikan hampir tidak mengalami kendala. Apalagi usulan remisi dilakukan secara online, melalui aplikasi dari Dirjen Kemenkumham.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar