Idul Yatama di Masjid Agung Palembang, 500 Anak Yatim Terima Santunan

KBRN, Palembang : Peringatan Hari Asyura 10 Muharram di Palembang, Sumatera Selatan diwarnai dengan kegiatan santunan bagi anak yatim piatu. Tidak kurang dari 500 anak yatim piatu binaan Masjid Agung Palembang, marbot dan petugas kebersihan lingkungan masjid menerima santunan dari donatur dan jemaah.

Ketua Yayasan Masjid Agung Palembang, H. Kgs Ahmad Syarnubi, mengungkapkan, kegiatan penyantunan anak yatim piatu merupakan agenda rutin yayasan yang dilaksanakan setiap bulan. Namun, khusus setiap setiap tanggal 10 Muharram pihaknya mengundang lebih banyak donatur untuk menyalurkan sedekah.

“Tahun ini ada dua donatur utama. Pertama, dari donatur tetap Bomba Grup yang diwakili oleh Dr. H. RM Taufik Husni sebagaimana setiap tahun tidak pernah absen hadir dalam kegiatan ini. Kedua, H Zainal Arifin, tahun ini pun ikut bersama-sama berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim piatu,” ujar Syarnubi usai penyerahan santunan secara simbolis di Masjid SMB Jayo Wikramo, Senin, (8/8/2022).

Menurut Syarnubi, bantuan santunan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh anak-anak yatim piatu untuk mendukung pendidikan mereka. Bahkan, untuk mereka yang berprestasi, pihak yayasan memberikan penghargaan dengan memperpanjang masa santunan mereka.

“Mereka mendapatkan santunan untuk pendidikan setiap bulan sampai kelas VI. Untuk yang berprestasi, santunan akan terus kami berikan, tapi tidak untuk yang tidak berprestasi,” bebernya.

Sementara itu, H Zainal Arifin, selaku perwakilan donatur mengaku gembira dapat berbagi kebahagiaan dengan para anak yatim piatu di tanggal 10 Muharram yang menjadi hari raya anak yatim. Sejumlah uang yang dibawa pulang oleh para anak yatim diharapkan dapat bermanfaat untuk mereka.

“Kami berharap santunan ini bisa dimanfaatkan secara bijak. Untuk membeli keperluan pendidikan mereka sehingga membantu meringankan hidup mereka,” pungkasnya.

Seperti diketahui, salah satu amalan yang menjadi amalan Rasulullah SAW ketika memasuki hari Asyura pada 10 Muharram adalah menyantuni anak yatim.

Selain menyantuni anak yatim, amalan lainnya yang memiliki keutamaan pada hari Asyura adalah mengusap kepala anak yatim yang menunjukkan kasih sayang kepada mereka.

Baik menyantuni anak yatim maupun mengusap kepala anak yatim, keduanya merupakan amalan yang bisa dikerjakan saat hari Asyura, yang dianggap sejumlah masyarakat sebagai hari raya ketiga atau Idul Yatama, hari raya anak yatim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar