FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Dari Nakes Vaksinasi Covid-19 Berlanjut ke Petugas Publik dan Lansia

KBRN, Palangka Raya: Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kalimantan Tengah sudah dianggap selesai meski belum mencapai angka seratus persen. Menurut data Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah per Jum’at 5 Maret 2021 vaksinasi pertama bagi nakes sudah mencapai 97,5 persen, sementara untuk vaksinasi kedua bagi nakes sudah mencapai 83,5 persen.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, vaksinasi tahap kedua menyasar lansia dan petugas publik. Namun vaksinasi Covid-19 bagi lansia sementara hanya dilakukan di Palangka Raya sesuai petunjuk pusat.

“Itu nggak mungkin seratus persen memang karena ada yang kontra indikasi diberikan, jadi nggak mungkin seratus persen. Jadi kami udah anggap selesai. Jadi ini untuk tahap kedua,” ujarnya, Minggu (7/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah menegaskan pihaknya hanya bertugas mendistribusikan vaksin ke kabupaten/kota sesuai yang diterima dari pusat. Sementara terkait sasaran penerima vaksin serta penetapan lokasi vaksinasi merupakan kewenangan dinas kesehatan kabupaten/kota.

“Siapa yang mendapat vaksin itu tentu berdasarkan yang didaftarkan ke pusat dan kemudian nanti masuk dalam Aplikasi PCare di faskes yang ada di Kota Palangka Raya,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00