Prediksi BMKG Kalteng Titik Panas –Hotspot Di Kobar Tertinggi

KBRN,Palangka Raya Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kalimantan Tengah, titik api atau hostpot banyak terdapat di Kabupaten Kotawaringin Barat. Pada Januari 2021 hostpot sebanyak 9 titik api , Februari sebanyak 176 titik api dan maret sebanyak 17 titilk api. Untuk jumlah Hotspot paling banyak terdapat di Kabupaten Kobar 79 titik api, Sukamara 58 titik api, Lamandau 15 titik api, Kotawaringin Timur 13 titik api dan Kapuas 12 titik api. Kabupaten lainnya seperti Palangka Raya hanya 1 titik api,Pulang pisau 1 titik api, seruyan 3 titik api ,Murung Raya 2 titik api, Katingan 9 titikl api, Gunung Mas 4 titik api Barito utara 4 titik api Barito Selatan 1 titik api dan Barito timur nol titik api.

Kasie Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya Anton Budiono kepada RRI menjelaskan hingga tanggal 3 maret 2021 di Kalteng terdapat 202 titik hostpot yang paling teringgi di Kabupaten Kotawaringin Barat hal ini akibat curah hujan hingga bulan Februari lalu mengalami titik terendah khususnya untuk daerah rawan Kobar dan Sukamara.

” daerah rawan terbakar akibat intensitas hujan februari lalu cukup rendah seperti Kobar dan Sukamara,” kata Anton Budiono .

Sementara itu Deputi Direktur Eksekutif save our borneo Muhammad Habibi mengatakan mengharapkan masalah kebakaran hutan dan lahan sanksi tegas dapat dilakukan secara adil tidak saja bagi perorangan juga untuk perusahaan PBS besar atau korporasi agar kasus kebakaran hutan berdampak kabut asap di sejumlah daerah dapat segera di antisifasi.

” kami ingin sanksi tegas karhutla dapat berjalan adil selain itu kami juga siap membantu apabila diperlukan untuk memadamkan api,” jelas M Habibie

Meski musim kemarau di Kalteng tahun 2021 ini, diprakirakan terjadi pada bulan mei, juni dan juli 2021 namun hotspot ini daerah rawan karhutla dapat di antisipasi bila hujan turun di kawasan titik api tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00