Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 untuk Lansia dan Pelayan Publik

KBRN, Palangka Raya: Setelah tenaga kesehatan, vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua menyasar kelompok lanjut usia (lansia) dan pelayan publik.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan keterbatasan jumlah vaksin diatasi dengan pemberian vaksinasi bagi lansia di termin 1 khusus Kota Palangka Raya. Sama halnya dengan pelayan publik seperti ASN, TNI, Polri dan wartawan, pemberian vaksin didahulukan untuk mereka yang bertugas di lapangan.

“Petugas publik akan dilakukan di 13 kabupaten dan 1 kota, tapi juga karena termin satu sangat terbatas sehingga yang kita dahulukan nanti petugas publik termasuk wartawan yang bekerja secara langsung di lapangan. Yang jadi redaksi, yang tidak turun mencari berita tidak kami masukkan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalteng saat Dialog Kalteng Menyapa RRI, Kamis (25/2/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng menyebut data penerima vaksin untuk tahap 2 termin 1 hanya sekitar 25 ribu orang, sudah termasuk sebanyak 8 ribu lansia.

Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah, Ika Lelunu, mengatakan pihaknya sudah mengusulkan data 53 orang wartawan di Palangka Raya untuk menerima vaksinasi. Untuk wartawan di kabupaten diusulkan oleh PWI di masing-masing kabupaten.

“Kita lihat kuotanya, kalau memang terbatas baru akan diseleksi untuk mendapatkan vaksin yang ke lapangan,” kata Ika Lelunu.

Menurut Ika, wartawan sudah menunggu untuk divaksinasi Covid-19. Sebab dalam menjalankan tugas peliputan seorang wartawan harus bertemu narasumber. Namun sesuai arahan PWI pusat wartawan juga diingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu cara untuk menurunkan angka penularan secara signifikan. Namun sebelum mencapai 80 persen dari total warga yang menerima vaksinasi, protokol kesehatan tetap harus dijalankan dengan disiplin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00