FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksin Covid-19 Aman dari Kerusakan Selama dalam Suhu Standar

KBRN, Palangka Raya: Vaksin Covid-19 yang telah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah belum semua bisa digunakan. Baru Pemerintah Kota Palangka Raya, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dan Pemprov Kalteng yang melaksanakan vaksinasi. Sementara, kabupaten lainnya baru dapat memulai proses vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada bulan depan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan vaksin sinovac yang disimpan di gudang farmasi dijamin aman asal berada dalam suhu 2-8 derajat celcius.

 “Makanya teman-teman di gudang farmasi kabupaten itu setiap hari mencatat suhunya. Kalau kepanasan kipasnya ditambah. Kalau misalnya dia sudah sangat dingin hampir mendekati 2 kita buka pintu ngeluarin dulu. Sudah ada prosedurnya,” ujar Kadinkes Kalteng, Jum'at (22/1/2021).

Suyuti mengatakan semua tenaga kesehatan maupun pejabat publik yang sudah divaksinasi wajib divaksin kedua kalinya setelah 14 hari. Karena itu menurut Kepala Dinas Kesehatan Kalteng penundaan vaksinasi di kabupaten lain lebih baik dilakukan daripada stok untuk vaksinasi kedua tidak siap.

Menurutnya, untuk pengiriman vaksin tahap kedua, pihaknya hanya menunggu kiriman dari pemerintah pusat.

Sementara itu, Direktur RSUD Doris Sylvanus, Yayu Indriati, mengatakan pengamanan vaksinasi dilakukan selama 24 jam.

“Dan luar biasa ternyata mereka setiap 3 jam mereka mengecek juga keamanan dari vaksin itu sendiri. Keamanan tempat, suhu juga, jadi memelihara juga rantai dingin yang ada. Jangan sampai terjadi penurunan suhu sehingga potensi dari vaksin itu menurun,” katanya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah mendistribusikan sebanyak 14.680 dosis vaksin Covid-19 yang diterima dari pusat ke seluruh kabupaten/kota. Sementara, jumlah tenaga kesehatan yang terdata untuk menerima vaksinasi sebanyak 19.927 orang. (foto: tirto.id)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00