FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan Terus Berlangsung

KBRN, Palangka Raya: Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada tenaga kesehatan di Palangka Raya masih terus berlangsung. Vaksinasi dilakukan di Puskesmas, klinik kesehatan dan rumah sakit yang ditunjuk pemerintah.

Kepala UPT Puskesmas Pahandut, Riduan, mengatakan setiap hari vaksinasi dilakukan kepada 10 orang tenaga kesehatan yang sudah terdaftar di sistem dalam aplikasi pedulilindungi. Total tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas Pahandut sebanyak 86 orang terdiri dari perawat, dokter, bidan, tenaga kesling dan lain-lain. Sementara untuk vaksin sinovac dari Dinas Kesehatan diterima bertahap oleh pihak Puskesmas.

“Jadi kita intinya, kalau vaksin itu misal besok 10 orang, dan stok di Puskesmas kosong langsung minta ke Dinkes supaya besok siap divaksin. Jadi tidak akan putus stok vaksin di Puskesmas,” ujar Kepala UPT Puskesmas Pahandut kepada RRI, Rabu (21/1/2021).

Kepala UPT Puskesmas Pahandut menambahkan pelaksanaan vaksinasi tidak dibatasi untuk pegawai di puskesmas tersebut. Tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas atau fasilitas kesehatan lain bisa memilih lokasi vaksinasi yang dianggap dekat dengan tempat tinggal masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, menjelaskan ketentuan tentang jumlah orang yang divaksin setiap hari tergantung kemampuan Puskesmas masing-masing. Namun menurutnya, di tiap Puskesmas, klinik, dan rumah sakit terdapat satu petugas vaksinator yang sudah dilatih.

“Nanti yang bisa datang ke Puskesmas itu kan mendaftar dulu, dapat voucher tiket yang dibawa. Itu yang dibatasi per hari. Kita kan harus memperhitungkan juga kemampuan petugas kita,” ujarnya.

Menurut Suyuti saat ini sudah ada sekitar 250 vaksinator se-Kalteng yang siap. Jumlah ini akan terus ditambah sampai 2.500 vaksinator pada April 2021. (foto: cnbc indo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00