Kalteng Kirimkan Tim Relawan Kesehatan untuk Bantu Korban Banjir Kalsel

KBRN, Palangka Raya: Sebanyak 12 personil relawan kesehatan diberangkatkan untuk membantu korban banjir di Kalimantan Selatan. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan pergerakan relawan kesehatan tidak bisa disamakan dengan pengiriman logistik karena harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Relawan kita ini akan ditempatkan di Martapura Kabupaten Banjar sebagai daerah yang paling terdampak. Dan pada hari secara simbolis kita akan berangkatkan tim kesehatan yang terdiri dari 12 personil, yaitu dokter 2 orang merupakan relawan dari RS Primaya Betang Pambelum kemudian perawat yang merupakan 10 orang alumnus Poltekes Kemenkes Palangka Raya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng di lobby depan Kantor Gubernur, Selasa (19/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng menambahkan tim bantuan medis dari Universitas Palangka Raya juga akan menyusul memperkuat tim di Kabupaten Banjar Kalsel.

Selain mengirim relawan kesehatan, Pemprov Kalteng mengirimkan fasilitas kegawatdaruratan seperti tenda, kendaraan operasional dan pelayan kesehatan selama 4 hari. Bantuan obat-obatan juga akan diserahkan ke Posko-Posko melalui Dinkes Kabupaten Banjar.

Tim Relawan Kesehatan Kalteng akan membantu di Martapura Kabupaten Banjar selama 4 hari mulai 19-22 Januari 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, mengatakan relawan kesehatan akan memberikan pelayanan di lokasi yang telah dikoordinasikan dengan Pemprov Kalimantan Selatan.

“Setelah mereka 4 hari diganti lagi, ada shift tim. Jadi tim ini tidak hanya dari ..nanti juga ada dari UPR, RS juga memberikan dukungan. Semoga apa yang kita lakukan ini dalam rangka untuk meringankan beban daripada saudara-saudara kita yang mengalami bencana banjir di Kalsel,” ujar Sekda Kalteng.

Sekda Kalteng menambahkan pemerintah kabupaten/kota di Kalteng seperti Pemko Palangka Raya, Pemkab Pulang Pisau, Pemkab Kotawaringin Timur dan Pemkab Barito Utara masing-masing juga mengirimkan bantuan untuk mendukung korban banjir di Kalsel.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00