Kalteng Siaga Bencana Banjir

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah daerah se-Kalimantan Tengah bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan tindakan dini menanggulangi potensi bencana banjir di Bumi Tambun Bungai.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan  Tengah, Darlianjah, mengatakan dari kajian BMKG pada sepuluh hari kedua di bulan Januari potensi hujan dengan intensitas sedang berada di Kabupaten Seruyan. Sementara kabupaten/kota lainnya potensi curah hujan terbilang rendah.

“Kita sudah petakan bahwa seluruh kabupaten/kota sudah menyiapkan anggaran, sudah menyiapkan personil bahkan sudah berkomitmen akan menetapkan sesegara mungkin status daerah terkait dengan bencana. Sehingga ketika status siaga darurat itu ditetapkan sudah pasti akan memudahkan fungsi koordinasi dan fungsi komando dalam penanganan banjir,” tuturnya, Selasa (18/1/2021).

Darlianjah menambahkan prakiraan cuaca dan analisa dari BMKG akan terus diupdate guna mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana hidrologis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, mengatakan upaya antisipasi dini bencana banjir juga dilakukan dengan membentuk lebih awal Satuan Tugas di lapangan.

“Kita akan membuat kebijakan kalau memang hujannya di awal segera dibentuk Satgas. Tidak lagi Satgas dibentuk saat terjadi bencana. Sehingga mereka bergerak untuk meminimalisir risiko bencana,” ujar Sekda Kalteng.

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga Kalimantan Selatan yang mendapat musibah banjir, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga telah mengirimkan tim relawan. Bersamaan dengan itu, Pemprov Kalteng mengerahkan 2 dapur umum, 2 truk tanki untuk distribusi air bersih serta 2.300 paket sembako. Pemprov Kalteng selanjutnya akan memberangkatkan relawan tim kesehatan ke Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Sekda Kalteng menambahkan kabupaten-kabupaten di Kalteng yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Selatan juga diminta bergerak untuk membantu korban banjir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00