Aliansi Seni Budaya dan Hiburan Pantau Pelaksanaan PPKM

KBRN, Palangka Raya : Dengan diberlakukannya Surat Edaran (SE) Walikota Palangka Raya Nomor 368/80/BPBD/Covid-19/I/2021 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Cantik sejak tanggal 17-31 Januari 2021, maka seluruh usaha dan kegiatan seni budaya akan dibatasi,guna mendukung pencegahan penularan Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Aliansi Pegiat Seni Budaya, Wisata dan Hiburan, Syarifudin Pasaribu mengatakan, pada prinsipnya, rekan-rekan yang tergabung dalam pegiat seni budaya, wisata dan hiburan di Kota Cantik, siap mendukung kebijakkan pemerintah, dalam upaya menghentikan penyebaran, berupa pembatasan berbagai kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

Sehingga dirinya berharap,  pengusaha, pengelola, pelaku seni, budaya, hiburan dan wisata Kota Palangka Raya, turut mendukung upaya-upaya tersebut dengan mentaati peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Menurut Syarifudin, aliansi tetap menerima, apabila terdapat keluhan atau masukan dari  komunitas seni dan pengelola tempat hiburan, terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Aliansi akan ikut proaktif memantau, dan memberikan masukan serta saran untuk pemerintah daerah untuk menjaga keberlangsungan usaha-usaha masyarakat dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan," tambah Syarifudin, Senin (18/1/21).

Sementara itu di tempat terpisah,Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani menjelaskan, dalam surat edaran tersebut, membatasi kerja pegawai pemerintah maupun swasta dengan menerapkan Work From Home, terkecuali sektor layanan publik dan kantor yang telah mendapatkan asistensi dari tim satgas.

"Sedangkan pada sektor usaha makanan, diterapkan jam operasional maksimal buka sampai pukul 21.00 WIB. Di atas jam tersebut diwajibkan hanya melayani makanan untuk dibungkus dan dilarang melayani makan ditempat," ungkapnya.

Kemudian, untuk pasar berlaku jam operasional mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Sedangkan, untuk  pasar modern dan usaha bidang perbelanjaan lainnya tetap berlaku jam operasional mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam. Dan untuk kios, warung sembako, dan penjual buah tidak dibatasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00