Polisi Telah Tetapkan Tersangka Kecelakaan Tambang Emas di Gumas dan Kobar

KBRN, Palangka Raya : Kecelakaan yang menimpa  pelaku penambangan emas liar di Gunung Mas dan Kotawaringin Barat kini tengah diselidiki oleh aparat kepolisian. Hingga kini polisi sudah menetapkan sejumlah tersangka yang diduga lalai dalam menjalankan praktek tambang ini sehingga menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

Kepada RRI, Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Hendra Rohmawan, Selasa (24/11/2020)  mengungkapkan kecelakaan yang terjadi di Gunung Mas diduga kuat akibat kondisi tanah yang memang tidak stabil. Saat kejadian para penambang menyemprotkan air ke granit di atas lorong dan kemudian granit ini runtuh menimpa para penambang. Sementara di Kotawaringin Barat, para penambangan mengikuti aliran kandungan emas saat menggali. Lobang ini akhirnya bercabang dan terlalu dalam dan justru memunculkan sumber air yang menimbulkan kecelakaan.  Kabid  Humas Polda Kalteng mengatakan,  polisi sudah menetapkan tersangka yang saat itu bertindak sebagai pemodal bagi pekerja. Aparat sudah melakukan olah TKP dan mengamankan sejumlah alat bukti berupa peralatan tambang.

“Kecelakaan dan musibah penambangan ini menjadi pelajaran berharga bagi kalangan penambang untuk selalu memperhatikan standar keselamatan kerja, perijinan hingg aaturan jaminan keselamatan,” jelasnya.

Sementara itu seorang anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Jubair Arifin mengingatkan, ini menjadi pelajaran berharga bagaimana seharusnya aturan diberlakukan bagi Penambangan Emas Tanpa Ijin tersebut. Selain juga menjadi tugas bersama untuk merapikan dan menata kembali WPR atau wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) sebagai alternatif pertambangan bagi masyarakat.

“Dengan kejadian ini diharapkan pemerintah deerah merumuskan kembali solusi pekerjaan bagi masyarakat dalam bidang pertambangan,” jelasnya.

Kecelakaan yang menimpa pekerja tambang emas ini tidak bisa dipandang sembarangan. Ini menjadi sinyal bahwa ada sesuatu yang berjalan secara keliru  hingga perlu adanya evaluasi , penyelidikan dan perumusan solusi bagaimana menjaga keselamatan saat menambang, memahami alam dan lingkungan hingga aturan dan perijinan yang harus ditertibkan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00