Jaga Lingkungan Hidup, WALHI Kalteng Akan Perluas Konsolidasi

KBRN, Palangka Raya : Guna terus menjaga ekosistem alam di Kalimantan tengah, Wahana Lingkungan hidup atau WALHI Kalimantan Tengah terus memperluas konsolidasi antara masyarakat, pemerintah dan dunia internasional. Walhi menilai perbaikan ekologis sangat erat kaitannya dengan pelibatan manusia di dalamnya.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Walhi Kalteng, Dimas Hartono, Kamis (29/10/2020) yang menginginkan ke depan adanya perluasan konsolidasi serta pemulihan demokrasi yang diiringi dengan hilangnya transparansi dan pelibatan masyarakat demi keadilan ekologis. Ia menilai Pemerintah Provinsi sudah saatnya berani untuk melakukan perbaikan tata kelola lingkungan hidup. Karena peran pemerintah sangat dinanti dalam hal penegakan hukum, legislasi dan kerjasmaa mendorong perbaikan lingkungan. Sudah saatnya pula,  peran masyarakat adat di Kalteng untuk diadopsi karena merupakan kearifan lokal yang sudah berjalan ratusan tahun.

“Lingkungan hidup adalah ibu dari manusia itu sendiri yang perlu dijaga bersama-sama”, jelasnya.

Lebih jauh, Walhi juga mengungkapkan perlu adanya keterlibatan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan dalam membangun dan menata lingkungan hidup. Jangan sampai investasidan pembangunan hanya dinikmati oleh sebagian orang namun tidak mampu memberi arti bagi masyarakat sekitar. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00