Akibat Angin Kencang Pohon Besar Tumbang, Akses Jalan Putus

KBRN, Palangka Raya : Pohon jambu besar yang sudah tua tumbang akibat angin kencang disertai hujan lebat. Petugas Pemeliharaan dan Perawatan PLN kota Palangka Raya bersama Petugas Damkar, Samapta Polresta serta tim Resceu berjibaku menangani pohon tumbang, mereka memotong ranting-ranting pohon tumbang memakai alat pemotong yaitu sengso.

"sekitar 15 petugas dan empat sengso tangani pohon tumbang yang menghalangi akses jalan Rajawali tujuh Rt.02 Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya, pohon tumbang sekitar pukul 14 lewat 15 menit waktui ndonesia barat akibat angin kencang dan hujan lebat. Pohon jambu air besar itu cukup tua sehingga mudah roboh ditiup angin kencang," ucap Koordinator Lapangan Keselamatan Kecelakaan Kerja K3 PLN Palangka Raya, Dirman disela sela mengawasi anggotanya memotong pohon tumbang, Selasa (22/09/20).

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun pohon tumbang menimpah kabel listrik dan tiang listrik kecil patah akibat tidak sanggup menahan berat pohon tumbang tersebut. 

Karena pohon tumbang menimpah kabel listrik, petugas sempat menunggu lama pemutusan aliran listrik dari PLN, setelah diputus aliran listrik sementara, petugas baru bisa memotong-motong pohon tumbang tersebut dengan alat sengso, hitungan menit saja pohon tumbang dapat selesai ditangani sehingga akses jalan yang sempat terhalang akhirnya kembali normal.

Dirman menyebutkan pihaknya menurunkan petugas untuk menangani pohon tumbang yang menimpah kabel listrik dan mematahkan tiang listrik. "Kami menurunkan sebanyak enam orang petugas dari bidang pemeliharan dan perawatan serta membawa alat sengso untuk memotong pohon ini, soal tiang listrik yang patah kita akan buat tiang cadangan atau tiang sementara, menunggu tiang diambil dari gudang PLN,"ucapnya.

Sementara Zein Petugas Tim Resceu kota Palangka Raya, ikut berjibaku memotong motong pohon tumbang, dengan alat sengsonya, "kejadian seperti ini sudah merupakan tugas tim kami, kami selalu siap disaat ada  bencana, seperti pohon tumbang dan bencana lainnya,"tuturnya.

Peristiwa pohon tumbang bukan hanya sekali ini saja terjadi, dalam bulan september ini sudah dua kali terjadi pohon tumbang akibat cuaca ekstrim hujan lebat disertai angin kencang, pohon tumbang yang pertama terjadi di Jalan RTA Milono, dan hari ini di Jalan Rajawali tujuh Kota Palangka Raya.

Atas kejadian ini warga diharapkan mewaspadai cuaca ekstrim saat ini yang mampu merobohkan pohon pohon besar, sementara instansi terkait juga diharapkan agar melakukan penyisiran terhadap pohon pohon yang tua agar ditebang sebelum tumbang ditiup angin kencang jangan sampai ada korban.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00