Bantuan Bencana Banjir Belum Semua Tersalurkan

KBRN, Palangka Raya : Hingga kini, bantuan paket sembako bagi korban bencana banjir belum semua tersalurkan. Pemerintah provinsi masih melakukan pendistribusian dengan menggunakan helikopter untuk menjangkau wilayah di pedalaman. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Tengah, Darliansjah menjelaskan, sejauh ini pendistribusian bantuan baru ke tiga kabupaten dengan jumlah sembako sekitar 1.994 paket. 

Darliansjah menjelaskan, di Kabupaten Katingan, wilayah terparah di Kecamatan Senaman Mastikei bantuan diberikan kepada 1.118 Kepala keluarga. Selanjutnya Katingan Hulu dan Marikit masing-masing  kepada 175 dan 76 Kepala keluarga. 

Sedangkan di Kabupaten Kapuas, telah dibagikan kepada 557 kepala keluarga di Kecamatan Mandau Telawang dan di Kabupaten Murung Raya, hanya kepada 15 kepala keluarga di Kecamatan Permata Intan. 

"Bantuan disalurkan ke Kapuas, Katingan dan Murung Raya. Banjir di Kalteng ini kan tidak sama seperti di Jawa seperti bandang dan semacamnya. Jadi di Kalteng bisa kita lakukan antisipasi bagi korban sebelum dari hulu menuju hilir," tambah Darliansjah, akhir pekan ini. 

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyebut, meskipun belum ada informasi atau permintaan bantuan dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi tetap harus bergerak dalam memberikan bantuan. 

Terlebih, lanjut orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini, Kalteng sedang dalam keadaan berduka lantaran sedang diuji oleh tiga bencana, yakni Virus Covid-19, kebakaran hutan dan lahan serta banjir, sehingga diperlukan gerak cepat dan komunikasi serta koordinasi optimal dari setiap pemerintah daerah.

"Lamandau tahun ini sudah dua kali. Sebelumnya tidak pernah di Lamandau ini. Banjir juga di Kotawaringin Timur, Seruyan, Katingan dan baru baru ini juga di Gunung Mas," pungkasnya. 

Apabila pemerintah Kabupaten tetap lambat melakukan koordinasi dengan pihak provinsi, Gubernur menambahkan, pemprov telah mempersiapkan tim reaksi cepat, guna membantu menanggulangi bencana di berbagai daerah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00