29.680 Jiwa, Warga Di Kabupaten Katingan Terdampak Banjir

KBRN, Palangka Raya : Sebanyak 29 ribu 680 jiwa dari 88 desa di 5 Kelurahan dan 10 Kecamatan di wilayah Kabupaten Katingan terdampak banjir, sebagian besar rumah warga terendam dengan ketinggian berkisar 2 hingga 6 meter, paling parah desa terdampak bagian hilir, bahkan debet air terus meningkat sampai dengan saat ini.

Kepala BPBD Katingan Eka Suryadi Laga mengatakan, fokus petugas gabungan satgas bencana banjir melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga di tenda pengungsian, melaksanakan kordinasi dan cek lapangan dari ancaman banjir susulan yang lebih besar di daerah hilir dekat sungai riam katingan.

“Dengan kondisi semakin naiknya debet air,BPBD siap siaga untuk beberapa lokasi di dataran rendah, personil gabungan dikerahkan sambil memantau ketinggian air,” Kata Eka kepada RRI Rabu 16/9/20)

Ditambahkan, bencana banjir tahun ini lebih parah daripada tahun sebelumnya, penyebabnya diduga ada kerusakan alam di sejumlah desa rawan banjir, salah satunya terjadi alih fungsi lahan yang mengakibatkan peresapan air lambat.

Sementara itu, bantuan logistik 20 ribu paket sembako dan makanan siap saji, sudah disalurkan kepada 4 Kabupaten terdampak antara lain kabupaten katingan, seruyan, sampit, dan lamandau. Juga dilengkapi dengan kebutuhan bagi ibu hamil dan bayi.

Hal ini diungkapkan Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran. Dikatakan akibat akses jalan darat putus, bantuan sebagian dikirim melalui jalur udara.

“Kami berharap kepala daerah di masing masing kabupaten terdampak, pro aktif membantu proses evakuasi warga yang sampai saat ini terjebak banjir, serta menuplai bantuan dengan cepat bagi warga yang membutuhkan,” tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00