5 Kluster Penularan Covid-19 Tertinggi di Kalteng

KBRN, Palangka Raya: Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah merilis ada lima kluster penyumbang angka kasus tertinggi Covid-19 di Kalteng.

“Penularan Covid-19 paling tinggi terjadi di pemukiman atau lokal transmisi, kluster kedua yakni pasar dan pusat pelelangan ikan, kluster ketiga pusat pelayanan kesehatan, kluster keempat perkantoran, dan kluster kelima rumah ibadah,” seperti disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, melalui juru bicara Tim Satgas, Jum’at (7/8/2020).

Gubernur Sugianto Sabran menyampaikan agar warga Kalteng terus menjaga disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Warga Kalteng diingatkan untuk tekun menggunakan masker yang menutup hidung dan mulut hingga ke dagu ketika ke luar rumah. Membersihkan tangan secara teratur. Menjaga jarak fisik, serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng juga mendorong TNI, Polri, Bupati dan Walikota untuk meningkatkan sosialisasi secara masif mengenai protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Gubernur Sugianto Sabran juga meminta seluruh kepala daerah agar menyusun dan menetapkan sanksi di daerah masing-masing berlandaskan hukum dan kearifan lokal yang ada. Ketentuan ini juga berlaku di area publik yang dapat menjadi perkumpulan massa seperti di tempat-tempat umum.

Hal ini sejalan dengan telah diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Sanksi yang diatur berlaku bagi perorangan, pengusaha, pengelola bahkan penanggung jawab tempat umum.

Dalam Inpres 6 Tahun 2020 tersebut mengatur sosialiasasi cara pencegahan dan pengendalian Covid-19 dengan melibatkan partisipasi berbagai elemen masyarakat. (gambar: Kemenkes)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00