Maksimalkan Penanganan Karhutla, Polda Kalteng Tambah Dua Unit Mobil Lapangan

KBRN, Palangka Raya : Guna memaksimalkan tugas Kepolisian  dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan, Polda Kalimantan Tengah mengadakan dua unit mobil lapangan. Mobil ini memiliki desain khusus untuk menerjang semak dan menerobos hutan sekaligus mampu memompa air untuk penyemprotan.

Kepada RRI, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Hendra Rohmawan, Senin (13/07/2020) mengungkap, jajaran Polda Kalimantan Tengah telah melengkapi peralatan mobil lapangan sebanyak dua  unit. Mobil berkapasitas dua hingga tiga orang ini memiliki desain khusus yang mampu menerjang semak belukar, menerabas hutan lebat dan sanggup bertahan di berbagai kondisi cuaca. Selain itu mobil bermesin Kubota ini juga dilengkapi dengan mesin penyedot air dan mampu menyemprotknnya kembali guna memadamkan karhutla. Nantinya mobil ini akan ditempatkan di sekitar titik sumber air untuk dilakukan penyemprotan. Rencananya Polda Kalteng akan menambah sekitar 3 unit mboil lagi.

“Sementara direncakan juga di setiap polres untuk memilikinya minimal satu unit. Sehingga nantinya diperkirakan mobil ini akan berjumlah 19 - 21–unit di Kalimantan Tengah dan akan disebar guna memadamkan karhutla”, jelasnya.

Lebih jauh Hendra Rohmawan mengatakan,satu unit mobil berjuluk komodo  ini memiliki harga senilai 90 hingga 135 juta rupiah. Mobil ini akan disiagakan menerjang dan menerobos titik api yang terbakar untuk dilakukan pemadaman. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00