Warga Jalan G. Obos Diajarkan Menanam Sayur Hidroponik

KBRN, Palangka Raya: Warga RT 11 dan RT 12 serta panti asuhan Berkah jalan G.Obos Palangka Raya mendapat pengenalan tentang hidroponik. Kegiatan dilaksanakan di depan Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya. Sosialisasi dan bimbingan teknis penanaman dengan teknik hidroponik ini bagian dari program Obor Pangan Lestari (OPAL).

Sekretaris RT 12, Effendy Iban, mengatakan warga sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut. Diharapkan setelah mendapat pengetahuan, warga setempat dapat memanfaatkan lahannya untuk menanam sayur mayur dengan teknik hidroponik.

"Seluruh masyarakat, tidak hanya warga RT 12, saya kira antusias dengan program OPAL ini mengingat lahan kita khususnya di Kalteng banyak lahan-lahan yang kosong," ujarnya pada Jum'at (1/2/2019) di Palangka Raya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya, Parlin Robert Sitanggang, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk pemanfaatan lahan terbatas di sekitar pemukiman.

"Jadi paling tidak masyarakat itu punya rasa budidaya secara sehat. Jadi perbaikan gizinya juga, perbaikan pola hidupnya juga, bisa juga untuk meningkatkan taraf hidupnya," tuturnya.

Melalui sosialisasi ini masyarakat sekitar diajak turut berpartisipasi memanfaatkan lahan sekitar rumah sebagai sumber pangan dengan menanam sayuran. Pada kesempatan tersebut diserahkan pula benih tanaman cabe, tomat, dan bawang daun.

Melalui pemanfaatan lahan sekitar rumah diharapkan dapat meningkatkan penyediaan sumber pangan keluarga yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Lebih lanjut, apabila hasil produksi berlimpah dapat dijual untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00