BMKG Imbau Daerah Rawan Banjir Waspada Beberapa Hari ke Depan

KBRN, Palangka Raya: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di daerah yang memiliki potensi untuk terjadi genangan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya, Catur Winarti, mengatakan satu Minggu ke depan daerah-daerah di Kalteng masih berpotensi mengalami curah hujan tinggi dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. 

"Hal ini disebabkan karena kondisi atmosfer kita untuk wilayah Kalteng itu banyak dipengaruhi kejadian cuaca di globalnya. Musim kemarau kita ini juga masih dipengaruhi La Nina dalam skala yang lemah dan moderat. Kemudian suhu muka laut yang cukup hangat di wilayah Indonesia sehingga potensi pertumbuhan awan cukup tinggi," ucapnya kepada RRI, Senin (8/8/2022). 

Catur Winarti merinci sampai tanggal 9 Agustus 2022 beberapa daerah seperti Katingan, Kotawaringin Timur dan Seruyan masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir. 

Selanjutnya, Kepala Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut mengatakan tanggal 10-13 Agustus 2022, potensi curah hujan terjadi di 13 kabupaten/kota dengan intensitas yang beragam. (Foto: MMCKalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar