Dinkes Kalteng Terus Awasi dan Ambil Sampel Acak Antisipasi Varian Baru

KBRN, Palangka Raya: Kasus mutasi Omicron baru yakni subvarian BA.4 dan BA.5 sudah masuk ke Indonesia. Meski belum terdeteksi masuk ke Kalimantan Tengah, namun upaya pengawasan dan pengambilan sampel secara acak terus dilakukan. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan saat ini di Kalteng sudah terbentuk kekebalan komunitas terhadap varian-varian sebelumnya. Menurutnya apabila muncul varian baru tentunya diperlukan penyesuaian lagi. 

"Tapi upaya-upaya untuk mengantisipasi itu telah kita siapkan ya salah satunya dengan tetap mempertahankan jumlah tempat tidur untuk isolasi maupun ruang rawat intensif untuk Covid ya, logistiknya juga udah siap. Memang juga kita amati bahwa memang ada trend kenaikannya, nah apakah itu varian baru atau bukan, terus terang kita belum belum mendeteksi sampai sekarang ya, Meskipun tentu saja kita sering mengirimkan sampel," ucapnya kepada RRI, Senin (13/6/2022). 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, bila dibandingkan Minggu lalu, kasus Covid-19 Kalteng memang mengalami kenaikan. Selain itu, positivity rate juga cukup tinggi dari di bawah satu persen menjadi 5,9 persen. Namun masyarakat diminta tidak panik dan terus menerapkan protokol kesehatan minimal menggunakan masker. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar