Tujuh Bulan Barsel Dilanda Banjir, Bartim Juga Berstatus Tanggap Darurat

KBRN, Palangka Raya : Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Alip Suraya, Jumat (3/6/22), mengatakan sebanyak 36 desa di empat kecamatan terdampak banjir yakni Dusun Selatan, Dusun Utara, Dusun Hilir dan Karau Kuala.

Namun dari puluhan desa, terdapat empat wilayah yang menjadi perhatian serius pemerintah yakni di Kecamatan Dusun Hilir karena sudah 7 bulan masih terdampak banjir. 

"Di Kecamatan Dusun Hilir ada empat desa yang menjadi perhatian kami. Sudah lama banjir karena luapan Sungai Barito kiriman dari Murung Raya dan Barito Utara dan banjir rob akibat pasang Sungai Kapuas. Sudah tujuh bulan ini tidak kunjung ada penurunan," ucapnya. 

Selain itu, Kabupaten Barito Timur juga berstatus tanggap darurat bencana. Bupati Ampera AY Mebas, menyampaikan pasca banjir, dilakukan koordinasi lintas sektor termasuk perwakilan BPBD Provinsi Kalteng. Sehingga disepakati status tanggap bencana. 

"Menindaklanjuti ini, pemkab telah menyiapkan posko, sehingga apabila terjadi bencana susulan, bisa direspon secara matang, tidak hanya untuk banjir namun juga menghadapi kemarau," ujar bupati. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar