Banjir Barito Meluas, Ketinggian Air di Bartim Mencapai Dua Meter

KBRN, Palangka Raya : Banjir yang melanda Kalimantan Tengah akibat luapan sungai besar, kian meluas hingga ke empat kabupaten. Setidaknya sekitar 14 kecamatan dengan puluhan desa dan kelurahan terdampak banjir tersebut. 

Kabupaten Murung Raya lebih dahulu diterjang banjir dan merupakan wilayah paling utara Provinsi Kalteng. Banjir merendam enam kecamatan dengan total 19 desa yang terdampak banjir. 

Namun, banjir terus terjadi hingga ke tiga kabupaten lainnya, yakni Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan dan Barito Timur.

Bahkan banjir di Kabupaten Barito Timur, tepatnya di Desa Haringen, air merendam ratusan rumah warga, Kamis (26/5/22). Ketinggian banjir mencapai dua meter. Bahkan di beberapa titik nyaris mendekati loteng rumah.

Air begitu cepat naik. Hanya berselang waktu satu jam saja, sudah menenggelamkan ratusan rumah warga. Dikarenakan wilayah setempat diguyur hujan lebat sejak malam hari. Banjir terparah juga terjadi di beberapa desa, yakni Hayaping dan Dayu. 

"Kami akan berkoordinasi terus dengan masing-masing BPBD kabupaten, mana saja wilayah yang parah. Bersama kawan-kawan di lapangan, terus melakukan upaya sebaik-baiknya, sehingga apabila diperlukan, ada bantuan dari provinsi ya kita siap. Misalnya untuk paket-paket logistik," ujarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar