BPBD Barsel Siagakan Personel dan Tenda Darurat Antisipasi Banjir Kiriman

KBRN, Palangka Raya : Banjir melanda belasan desa di Kabupaten Murung Raya berangsur surut. Namun kini, beberapa wilayah di Kabupaten Barito Utara tergenang air akibat air kiriman dari hulu. 

Melihat kondisi demikian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan, Alip Suraya, Senin (23/5/22), mengingatkan masyarakat di kawasan rendah terutama di sekitar bantaran Sungai Barito untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir kiriman dari Murung Raya dan Barito Utara. 

Mengingat, Barito Selatan akan terkena imbas banjir kiriman apabila di kawasan hulu Barito lebih dahulu terendam. Alip menegaskan, untuk mengantisipasi banjir, pihaknya telah menyiagakan personel dan perahu karet untuk membantu aktivitas warga terdampak agar tetap berjalan seperti hari biasa. 

"Kita terus siaga 24 jam untuk menangani kebancanaan. Kita terus standby dan bersiap untuk mengevakuasi warga, menyiapkan tenda darurat, ya pokoknya semuanya sesuai SOP. Lantaran kalau di Barsel itu banjirnya limpahan dari atas atau dari Murung Raya dan Barito Utara," ungkapnya. 

Ditambahkan Alip Suraya, pihaknya juga terus memantau ketinggian air di DAS Barito dan sejumlah desa berdekatan dengan sungai besar dan anak sungai. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar