Murung Raya Dilanda Banjir, Warga Bertahan di Atas Loteng

KBRN, Palangka Raya : Sejumlah kawasan rendah di Kabupaten Murung Raya, Kalteng, banjir. Ratusan rumah warga bahkan jalan pun ikut terendam, akibat hujan lebat beberapa hari belakangan ini melanda wilayah tersebut. 

Ratusan rumah warga yang ada di tiga kecamatan di Murung Raya hingga kini terendam banjir setinggi sekitar 70 centimeter, bahkan dibeberapa tempat ada yang mencapai satu setengah meter. 

Menurut Kepala Bidang Kadaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya, Robyanor ketika dikonfirmasi RRI, Senin (23/5/22), hampir semua wilayah di bantaran Sungai Barito terendam banjir karena luapan sungai akibat tingginya curah hujan dalam beberapa hari ini. 

Diakui Robyanor, namun di sebagian wilayah sudah mulai surut, hanya tiga kecamatan yang hingga kini masih belum ada tanda-tanda mulai berkurang, lantaran berada di sekitar hilir karena sifat banjir di Kabupaten Murung Raya adalah kiriman dari hulu. 

Pihaknya ditambahkan Robyanor, telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial terkait pemberian bantuan kepada warga terdampak, karena beberapa telah mengungsi dan ada yang masih bertahan di atas loteng. 

"Ya wilayah DAS Barito yang mengalami banjir kemarin. Cuman untuk saat ini yang masih terendam itu Kecamatan Permata Intan, Murung dan Luwung Tuhup. Sebagian masyarakat mengungsi, hanya saja rata-rata rumah kan bertingkat dua. Jadi ada warga yang bertahan di loteng," ujarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar