FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Basarnas Palangka Raya Laksanakan Latihan Pencarian dan Pertolongan di Perairan

KBRN, Palangka Raya: Basarnas Palangka Raya melaksanakan latihan pencarian dan pertolongan di perairan. Pelatihan ini bertujuan mengasah serta meningkatkan kapasitas kemampuan tim penolong dalam menghadapi situasi operasi pencarian dan pertolongan yang sesungguhnya, menguji standar operasional prosedur, fungsi koordinasi, manajemen posko hingga teknik pertolongan terhadap orang tenggelam, secara efektif, cepat dan aman. 

Selain itu, pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang bahaya dan keselamatan pertolongan di air, meningkatkan kemampuan penggunaan peralatan pencarian di air untuk mempercepat penemuan korban serta memberikan kemampuan bagi para tim penolong untuk melaksanakan pertolongan di permukaan air.

Kegiatan Latihan Pencarian dan Pertolongan di Perairan dilaksanakan selama 4 hari, 18-21 Mei 2022. 

Pembekalan materi dilaksanakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya dan pembekalan praktik lapangan yang dilaksanakan di kolam renang Iseng Mulang dan Danau Air Hitam Kilometer 19 Marang. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya, Muhamad Hariyadi, dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan harapannya agar kegiatan latihan ini bisa menjadi sarana berlatih bagi tim penolong Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya dalam bidang pertolongan di perairan. 

"Keterampilan masing-masing personil diharapkan juga dapat terasah dan kapasitas tim penolong dapat meningkat dalam menghadapi situasi operasi pencarian dan pertolongan yang sesungguhnya, menguji standar operasional prosedur, fungsi koordinasi, manajemen posko hingga teknik pertolongan terhadap orang tenggelam secara efektif, cepat dan aman serta sesuai dengan motto Basarnas 'Quick Response Search And Rescue'," katanya melalui rilis tertulis yang diterima RRI, Rabu (18/5/2022). 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti latihan ini dengan serius dan melaksanakan instruksi yang diberikan para instruktur sehingga ilmu yang diberikan dapat terserap dan dapat diaplikasikan dengan baik. 

"Utamakan keselamatan diri dan menjaga kesehatan agar senantiasa fit hingga latihan ini berakhir," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar