FOKUS: #VAKSIN COVID

Jumlah Pemudik yang Booster di Kalteng Tidak Signifikan

KBRN, Palangka Raya: Jumlah pemudik yang melakukan vaksinasi booster tidak terlalu signifikan. 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Palangka Raya, Ucup Supriadi, mengatakan dalam sehari paling banyak sekitar 3 vial atau sekitar 36 dosis vaksin yang digunakan. 

Selama angkutan Lebaran, KKP membuka gerai vaksinasi mulai 25 April sampai 10 Mei 2022 di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. 

Namun, selain disediakan layanan vaksinasi booster, pemudik juga bisa melakukan tes antigen di bandara untuk syarat melanjutkan perjalanan. 

"Teman-teman di lapangan bilangnya malah banyak yang tes Antigen. Kendalanya keterbatasan waktu. Kedua kayaknya kesadaran untuk booster ini kelihatannya tidak seperti yang kemarin-kemarin," tuturnya kepada RRI, Senin (16/5/2022). 

Kepala KKP Kelas III Palangka Raya ini mengungkapkan selain keterbatasan personil, kendala yang dihadapi juga terkait jumlah orang yang mau mendapatkan vaksinasi. 

Menurutnya, pihak KKP juga tidak ingin mengambil risiko membuka satu vial vaksin apabila penumpang yang datang hanya 1-2 orang. Sebab sisa dosis vaksin yang sudah dibuka harus dipertanggungjawabkan dalam pemeriksaan. Karena itulah, apabila hanya ada satu atau dua orang yang ingin divaksin maka mereka lebih diarahkan untuk tes antigen. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar