FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Pemprov Kirim Bantuan Bagi Korban Kebakaran Desa Pundu

KBRN, Palangka Raya: Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, melakukan pelepasan bantuan untuk korban kebakaran permukiman yang terjadi di Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur di depan Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (21/1/2022).

Sebagaimana diketahui musibah kebakaran terjadi pada Senin 3 Januari 2022 sekitar pukul 14.15 WIB.

Korban terdampak kebakaran sebanyak 80 Kepala Keluarga. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB. Pemadaman dilakukan oleh masyarakat dibantu dua unit mobil pemadam kebakaran dari PT Windu Nabatindo, dua mobil pemadam dari Kabupaten Katingan dan tiga unit mobil pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur.

Mengawali sambutannya Wagub Kalteng, Edy Pratowo, menyampaikan musibah kebakaran ini tidak ada yang menginginkan, tetapi ini bagian dari musibah yang juga tidak bisa dihindari karena bisa saja akibat kelalaian, kesengajaan ataupun ketidaksengajaan.

Lebih lanjut Wagub Kalteng mengharapkan bantuan yang diberikan oleh Pemprov Kalteng dari Gubernur melalui Dinas Sosial ini bisa meringankan beban penderitaan masyarakat Desa Pundu.

“Kita Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah turut prihatin terhadap musibah ini, berempati untuk membantu meskipun bantuan ini tidak seberapa tetapi paling tidak bisa mengurangi beban warga masyarakat yang mengalami musibah tersebut,” tutur Wagub.

Di tempat yang sama Plt. Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Noor Halim, mengatakan bahwa bantuan dari Pemprov Kalteng untuk kebakaran di Desa Pundu terdiri dari bantuan Dinas Sosial, Bapak Gubernur, dan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng. 

Adapun bantuan yang diberikan Pemprov Kalteng melalui Dinas Sosial Prov. Kalteng dan BPBPK Prov Kalteng, diantaranya paket sembako 80 paket, perlengkapan dapur keluarga 80 paket, food ware 80 paket, makanan anak 80 paket, family kits 80 paket, terpal merah 80 lembar, kasur merah 80 buah, dan bantuan uang tunai sebesar Rp 240 juta dengan rincian Rp 3 juta KK.

Turut hadir mendampingi Wagub Kalteng, yakni Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng H.M. Katma. F.Dirun, Kepala Pelaksana BPBPK Provinsi Kalteng Falery Tuwan, Plt. Karo Adpim Johni Sonder, Plt. Kepala Dinas Diskominfosantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi beserta Tim Relawan. (Sumber: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar