FOKUS: #CORONA

Puskesmas Pahandut Fasilitasi Tes Antigen Bagi Pasien Demam Bapil

KBRN, Palangka Raya: Kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini membuat cukup banyak warga yang terserang penyakit demam, batuk dan pilek. Hal tersebut dibenarkan Kepala UPT Puskesmas Pahandut, Riduan, yang mengatakan saat ini memang cukup banyak pasien yang datang dengan gejala demam, batuk dan pilek.

Namun menurutnya, penyakit tersebut tidak mengarah kepada Covid-19. Sebab tim medis yang bertugas akan mengarahkan pasien untuk mengikuti jadwal rapid tes antigen apabila penyakit mengarah kepada Covid-19. 

“Memang sebenarnya batuk, pilek, panas itu kita tidak tahu. Tapi kalau tim medis mengatakan perlu pemeriksaan ktia tes karena persediaan swab antigen cukup memadai. Semua jg boleh diperiksa tergantung tim medis kami yang menentukan. Tapi kalau memungkinkan batuk pilek itu saya sarankan ke tim medis untuk tes antigen,” ujarnya kepada RRI, Minggu (16/1/2022). 

Riduan mengatakan stok alat tes Antigen di Puskesmas Pahandut cukup banyak disuplai dari Dinas Kesehatan sehingga sangat memungkinkan apabila semua pasien dengan gejala batuk, pilek dan demam untuk dilakukan rapid tes antigen Covid-19. 

Menurut Riduan pasien BPJS Kesehatan yang berobat di Puskesmas Pahandut mendapatkan layanan Kesehatan secara gratis baik untuk pemeriksaan rapid antigen maupun obat yang diberikan. 

Kepala UPT Puskesmas Pahandut ini menambahkan saat ini antusias masyarakat untuk divaksin cukup tinggi. Menurutnya yang sebelumnya tidak ingin divaksin, cukup banyak akhirnya datang untuk diberikan vaksinasi di Puskesmas.

Riduan mengatakan dengan vaksinasi dosis 1 dan dosis bahkan dengan ditambah vaksinasi booster diharapkan dapat meringankan gejala bahkan meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat terhadap serangan Covid-19 varian Omicron. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar