FOKUS: #VAKSIN COVID

Ratusan Anak ASN dan Tekon Pemprov Kalteng Ikuti Vaksinasi

KBRN, Palangka Raya: Suasana halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah pada Jum’at (31/12/2021) diramaikan dengan kehadiran anak-anak. Berbagai sarana bermain dan hadiah dipersiapkan panitia vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak yang divaksin.

Hampir seribu anak terdaftar mengikuti vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah tersebut. Padahal target vaksinasi semula hanya 500 anak Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Kontrak lingkup Pemprov Kalteng.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin, mengatakan hadiah dan doorprize bagi anak-anak yang datang divaksinasi merupakan hasil kolaborasi dengan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kalteng.

Doorprize yang disediakan sebanyak 83 unit sepeda anak, bingkisan alat tulis sebanyak 182 paket, tas purun, dan minuman susu.

“Awalnya pemerintah provinsi menargetkan kegiatan ini 500 orang, tetapi alhamdulilah hari ini yang mendaftar sudah lebih 500 hampir seribu. Tetapi ini akan tetap kita lakukan, jadi tidak usah takut anak-anaku sekalian. Kami akan layani sampai sore. Kalau hari ini tidak selesai, hari Sabtu dan Minggu pun akan kami laksanakan,” ujar Pj Sekda Kalteng saat menyampaikan laporan.

Di tempat yang sama, Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran, mengatakan pemberian vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun bertujuan selain menghindarkan anak-anak tertular Covid-19 juga supaya anak-anak lebih memiliki kekebalan tubuh yang baik dalam menjalani pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Dan tentunya baik apabila makin banyak yang divaksin tentu saja makin tercipta kekebalan tubuhnya, makin banyak juga yang kebal jadi insya Allah aka naman. Dan pada hari ini juga yang dipakai vaksinnya Sinovac dan sudah teruji keamanannya. Jadi mohon diinformasikan bahwa vaksin ini aman digunakan,” katanya.

Bunda PAUD Kalimantan Tengah menambahkan, pemberian vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu ikhtiar untuk menghindari Covid-19 selain tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Salah seorang Aparatur Sipil Negara lingkup Pemprov Kalteng, Inge, mengantarkan kedua anaknya untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, pemberian vaksinasi Covid-19 juga diprogramkan di sekolah-sekolah.

“Kami sudah mendaftar cuma ada sesuatu dan lain hal sehingga tidak bisa mengikuti yang di sekolah jadi saya daftar untuk yang di Kantor Gubernur. Anak-anak tidak takut dan mereka datang dengan semangat karena teman-temannya rata-rata sudah divaksin,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang anak bernama Joy siswi kelas 4 SD yang dijumpai sedang duduk di tempat observasi mengaku tidak takut untuk divaksin.

“Disuntik lumayan sakit. Di sekolah ada vaksin tapi ikut di sini. Diajak mamah tapi mau sendiri juga. Nggak takut,” kata Joy.

Pemberian vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun bisa dilakukan di daerah yang sudah mencapai 70 persen dari target vaksinasi dosis pertama dan 60 persen target lansia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar