Air Rob Pesisir Kumai, Rumah dan Kelotok Rusak

KBRN, Pangkalan Bun: Curah hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang serta ombak yang cukup besar dengan gelombang pasang laut 18-19 menyebabkan akses jalan utama, rumah dan perahu warga di pesisir pantai mengalami kerusakan, Selasa (7/12/2021) malam sekitar pukul 18.30-21.55 WIB.

Dikatakan warga bahwa kejadian ini seperti mengulang peristiwa tahun 80-an dan baru kali ini terjadi kembali.

"Kami kaget, seperti terjadi baru-baru ini di Jakarta, terjadi juga di Kecamatan Kumai ini," kata warga yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat, H.Syahruni, menjelaskan bahwa lokasi terdampak air pasang laut ini di Kelurahan Kumai Hulu, Desa Kubu, Desa Teluk Bogam, Desa Keraya dan Desa Sebuah Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat.

Untuk Penanganan terhadap warga yang terdampak air pasang laut ini, Pemkab Kobar telah menyiapkan Personil TRC BPBD Kobar, dibantu oleh pihak desa atau kelurahan setempat dan dibantu Polri, Polairud, TNI, Tagana Kobar, PMI, MPA Desa, serta warga setempat.

"Sementara ini berbagai upaya telah kami lakukan, diantaranya berkoordinasi dengan pihak desa dan kelurahan, ground check lokasi kejadian, mengkaji data kerusakan dan korban, evakuasi dan patroli," jelas Syahruni.

Kemudian, pada hari ini akan dilakukan evakuasi gabungan untuk warga terdampak ke tempat yang telah disediakan oleh Pemkab Kobar, dan mengecek kembali data yang belum valid untuk segera diperbaiki. (Irwanudin/editor: Septina)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar